Cara Memindahkan Aplikasi Dari SD Card Lama ke SD Card Baru Pada Android Tanpa Root

Tepat malam tadi saya baru membeli SD Card baru dengan kapasitas dan spesifikasi yang lebih baik untuk Tablet saya (Galaxy Tab 3 8"). Pada perangkat tersebut sudah saya isi berbagai Aplikasi dan Game karena memang spesifikasi Galaxy Tab 3 ini cukup banyak fiturnya termasuk fitur Infrared yang berguna sebagai Universal Remote dengan aplikasi tambahan.

Karena banyaknya Aplikasi maka untuk mengurangi beban memori perangkat, untuk aplikasi tertentu sudah saya pindahkan ke SD Card (Micro SD). Disinilah yang menjadi masalah, ketika saya akan memindahkan file dari Micro SD lama ke Micro SD baru hanya file-file Foto, Video, dan Dokumen saja yang bisa terbaca kembali sedangkan Aplikasi yang sebelumnya saya pindahkan tidak mau terbaca di SD Card baru meski file Android dan folder sistem lainnya sudah di copy ke SD Card baru. Bingung karena cukup banyak Aplikasi yang hilang, saya coba mencari tahu lewat Google bagaimana cara memindahkan File Aplikasi / File System dari SD Card lama ke SD Card baru. 


Beberapa saya temukan jawabannya dengan menggunakan Aplikasi khusus yang memerlukan akses Root. Kedua cara yang saya temukan tersebut:
  • Dengan menggunakan Aplikasi Titanium Back Up. Untuk lebih lanjutnya cek di forum Yahoo Answer disini.
  • Cara ini agak lebih rumit lagi, dengan Backup setting gadget Anda ke Google >
    Backup SMS dengan aplikasi Backup SMS+ > Pasang ClockWorkMod > Backup data pakai ClockWorkMod > Copy isi SD card lama ke SD card yang baru > Restore data pakai ClockWorkMod > Restore SMS dengan aplikasi Backup SMS+. Penjelasan lebih lanjutnya klik disini.

Eiitttss.... Jangan marah dulu... Jangan anggap isi blog ini tidak sesuai dengan judulnya karena inilah yang kalian tunggu tentang Bagaimana Cara Memindahkan Aplikasi Dari SD Card Lama ke SD Card Baru Pada Android Tanpa Root?? Inilah cara yang akhirnya saya pilih. Ikuti langkah berikut:
  1. Pastikan file SD Card yang lama masih utuh dan sudah terpasang di Gadget Anda.
  2. Nyalakan gadget Anda
  3. Buka Aplikasi pemindah Aplikasi yang Anda gunakan (disini saya menggunakan AppMgrIII)
  4. Pindahkan Aplikasi Anda dari Memory SD Card kembali ke Memory Perangkat.
  5. Pastikan tidak ada lagi aplikasi yang berada di SD Card.
  6. Matikan Gadget,
  7. Ganti SD Card lama dengan SD Card baru
  8. Format dahulu SD Card baru agar dapat bekerja lebih optimal meski tidak perlu diformat pun tidak apa-apa.
  9. Masuk ke aplikasi andalan kalian untuk memindahkan Aplikasi ke SD Card dan mulai pindahkan lagi Aplikasi kalian ke SD Card lagi.
  10. Beres, tanpa root, tanpa resiko!
Intinya Adalah Pindahkan dahulu Aplikasi kalian yang ada di Memory SD Card ke Memory Perangkat. Sederhana bukan? Silahkan Anda pilih sendiri cara mana yang lebih baik. Dengan Root atau Tanpa Root.
Terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa tinggalkan komentar kalian dibawah.


1 comment: