Tips Excel: Belajar Pivot Microsoft Excel

Pernah mendengar fasilitas Pivot Table di Microsoft Excel? Tool ini merupakan tool yang sangat berguna untuk membuat summary terutama bagi pekerja kantoran yang dituntut untuk bekerja dengan teliti dan menyediakan summary yang cepat dan akurat, Pivot Table bisa menjadi solusi yang tepat.

A. Dimana kita bisa menemukan Pivot Table?
Pivot Location
Anda bisa menemukan Pivot Table pada tab Insert disisi paling kiri.










B.  Bagaimana menggunakan Pivot Table?

1. Pastikan Anda sudah memiliki data tabel untuk di summary-kan. Sebagai contoh akan kita buat data sbb:












2. Buat block dari keseluruhan tabel (kolom "No." hingga kolom total paling bawah).













3. Pilih menu Insert > Pivot Table untuk membuat summary dari data tersebut, maka akan mucul kotak dialog sbb:
Keterangan:
1. Lokasi Tabel yang akan kita buat summary Pivot-nya. Lokasi tabel juga dapat diambil dari file excel atau sheet lain.
2. Lokasi anda akan menempatkan tabel Pivot. Pilih New Worksheet untuk membuat sheet baru tempat Pivot, atau Existing Worksheet anda tempatkan pada lokasi yang sudah ada sebelum pivot dibuat.



4. Kali ini langsung saja kita klik tombol OK. Maka Excel akan membuat sebuah sheet baru yang berisi kotak sbb:
sisi kiri dalam tabel

Sisi Kanan



5. Perhatikan kotak sebelah kanan langsung saja kita masukan judul tabel kita kedalam kotak dengan cara drag n drop (klik lalu tarik ke kotak) sbb:
- Kategori > Report Filter
- Barang > Row Labels
- Harga > Value










6. Jika anda memasukan dengan benar maka akan muncul tabel di sisi kiri sbb:













7. Selamat anda sudah berhasil membuat summary dari data yang anda buat sebelumnya. lakukan beberapa perubahan pada penempatan di langkah 5 dan pelajari perubahannya. Ingat semakin banyak anda bereksperimen semakin banyak pula yang akan anda pahami dan ingat.



C. Apa Saja Fitur Pada Pivot?
1. Dari hasil tabel tersebut anda bisa melakuakn Filter data dengan klik pada panah ke bawah yang terlihat pada tabel.
2. Sekarang anda perhatikan area drag n drop pada langkah lima, saat anda memasukan data, di sisi kanan data terdapat tanda panah kebawah kecil berwarna abu-abu. Sekarang coba anda klik tanda tersebut dan pilih Value Field Setting. Anda akan menemukan bahwa tidak hanya jumlah saja yang bisa ditampilkan field pivot, tetapi juga berbagai perhitungan lainnya seperti Count, Average, Max, Min, dsb.


















3. Membuat Pivot Chart.
Bukan hanya tabel saja yang bisa dibuat oleh Pivot. Bahkan pivot mampu membuat summary chart/grafik. Untuk membuatnya cukup mudah Block data yang kita inginkan seperti langkah 2 diatas, lalu anda pilih Insert > PivotChart. Untuk memasukan datanya pun kurang lebih sama dengan membuat Pivot table.


Di posting berikutnya akan saya sambung mengenai fitur Group, karena fitur ini cukup penting dan sangat besar manfaatnya untuk mempermudah kita melihat data maka akan saya sampaikan terpisah.






No comments:

Post a Comment